SAMEHADA – RPP dan Silabus Prakarya Kewirausahaan SMP kelas VII semester 1-2 adalah perangkat mengajar untuk pelajaran prakarya atau kewirausahaan yang diharapkan setiap Bapak atau Ibu Guru yang mengajar pelajaran prakarya untuk memilikinya. Kegunaan atau fungsi RPP dan Silabus.web.id yaitu untuk persiapan materi yang akan di ajarkan di kelas nanti. Membuat perangkat mengajar juga merupakan bukti kesungguhan bagi tenaga pendidik khususnya para guru akan komitmennya sebagai tenaga pengajar di sekolah.
Tujuan pembelajaran prakarya di Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah untuk menambahkan wawasan dari siswa dalam hal mengasah kekreatifan dan memplajari kerajinan Indonesia. Jika dijabarkan Tujuan pembelajaran prakarya di SMP adalah:
- Memfasilitasi peserta didik mampu berekspresi kreatif melalui keterampilan teknik berkarya berbasis teknologi tepat guna dan seni, baik tradisional maupun modern, serta alami maupun artifisal.
- Melatih keterampilan mencipta karya berbasis estetis, ergonomis, ekosistem dan teknologis melalui pembelajaran kemampuan mencipta, merekonstruksi dan menyajikan secara oral dan produk karya seni yang teknologis dan ataupun teknologi yang berbasis seni (ergonomis).
- Membina pesertadidik yang kritis terhadap kemajuan seni dan teknologis serta mampu memanfaatkan karya kearifan lokal sebagai dasar pengembangan pribadi yang berkarakter Indonesia, cerdas dan humanis.
- Melatih memanfaatkan media dan bahan berkarya seni dan teknologi melalui prinsip ergonomis, hygienis, tepat-cekat-cepat, ekosistemik dan metakognitif.
- Menghasilkan karya jadi maupun apresiatif yang siap dimanfaatkan dalam kehidupan, maupun bersifat wawasan dan landasan pengembangan apropriatif terhadap teknologi terbarukan dan teknologi kearifan lokal yang mendasarkan pada pemikiran efisiensi berupa ekosistem, dan marketable berupa keindahan dan mass pruction.
SILABUS MATA PELAJARAN (PENGOLAHAN) Kelas VII Unduh
SILABUS MATA PELAJARAN PRAKARYA (KERAJINAN) Kelas VII Unduh
SILABUS MATA PELAJARAN PRAKARYA (BUDIDAYA) Kelas VII Unduh
RPP Prakarya Kelas VII BUDIDAYA (Modifikasi media tanam tanaman sayuran) Unduh
RPP Prakarya Kelas VII BUDIDAYA (Budidaya Tanaman Obat) carabuka klik kanan openwith pilih notepad Unduh
RPP Prakarya Kelas VII BUDIDAYA (Media tanam tanaman sayuran) Unduh
RPP Prakarya Kelas VII BUDIDAYA (Budidaya Tanaman Sayuran) Unduh
RPP Prakarya Kelas VII PENGOLAHAN (Proses olahan non pangan dari hasil samping bahan pangan nabati)Unduh
RPP Prakarya Kelas VII PENGOLAHAN (Membuat olahan bahan pangan buah dan sayuran) Unduh
RPP Prakarya Kelas VII PENGOLAHAN (Membuat olahan bahan pangan buah dan sayuran) Unduh
RPP Prakarya Kelas VII PENGOLAHAN Unduh
RPP Prakarya Kelas VII REKAYASA (Pembuatan produk mainan) Unduh
RPP Prakarya Kelas VII REKAYASA (Membuat mainan dengan teknologi mekanik) Unduh
RPP Prakarya Kelas VII REKAYASA (Pembuatan alat penjernih air) Unduh
RPP Prakarya Kelas VII REKAYASA (Rekayasa alat penjernih air dari bahan alami) Unduh
RPP KERAJINAN (Kerajinan modifikasi dari bahan buatan) Unduh
RPP KERAJINAN (Kerajinan dari bahan lunak buatan) Unduh
RPP KERAJINAN (Karya modifikasi kerajinan dari bahan alam) Unduh
RPP KERAJINAN (Kerajinan dari bahan alam) Unduh
RPP Silabus Prakarya Kelas VII Kurikulum 2013 RPP K-13 Guru SMP
RPP Prakarya SMP Kls 7 Materi Kerajinan Download
RPP Prakarya SMP Kls 7 Materi Pengolahan Download
RPP Prakarya SMP Kls 7 Materi Rekayasa Download
Silabus K13 SMP Prakarya Kelas 7 Download
Analisa SKL KI KD, Prota Peomes Prakarya Download
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Mata pelajaran : Prakarya
Kelas : VII
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 4 x pertemuan (8 jam pelajaran)
Aspek : Kerajinan
Kompetensi Inti (KI) :
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya - Memahami pengetahuan silabus.web.id (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata - Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan mem-buat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar (KD) :
- Menghargai keberagaman produk kerajinan di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan
- 2.1 Menghargai rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang
keberagaman karya kerajinan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga
pada produk Indonesia
2.2 Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat
karya kerajinan.
2.3 Menghargai kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan
alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan pembuatan karya
kerajinan. - Memahami desain pembuatan dan pengemasan karya bahan alam berdasarkan konsep
dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat. - Mencoba membuat karya kerajinan dan pengemasan dari bahan alam sesuai desain dan
bahan alam yang ada di wilayah setempat.